Sabtu, 23 September 2017

Fungsi Logika pada Excel Memiliki Dua Jawaban yang Sama Benarnya


Pelatihan komputer yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Desa Krakal Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan Kursus Komputer Lpk Intan Sruweng, diikuti 20 orang peserta guru-guru TK dan PAUD di desa tersebut, dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2017.
Kalau melihat pelaksanaannya di Aula Balai Desa Krakal memang tampak sederhana, tetapi kalau mau mencermati materi pelatihan-nya sungguh tidak bisa dibilang sederhana, karena materi pelatihannya sangat detail melebihi materi kursus komputer pada umumnya.

Sebagai contoh, misalnya ketika membahas materi fungsi logika pada Excel, para peserta harus bisa memberikan dua jawaban beda yang keduanya sama benarnya...





Setelah mempelajari fungsi logika (=if), fungsi pilihan (=choose), fungsi melihat tabel vertikal (=vlookup) dan fungsi melihat tabel harisontal (=hlookup), para peserta juga dilatih untuk meng-kombinasikan fungsi-fungsi tersebut, dan tetap harus bisa memberikan dua jawaban beda yang sama bernarnya...




Menurut Iman Sayekti Prositadika, penyusun program pelatihan Lpk Intan yang sekaligus bertugas sebagai Instruktur Pelatihan tersebut, kalau peserta latihan hanya memberikan satu jawaban saja, meskipun jawaban itu sudah benar nilainya baru mencapai angka 50, kalau menjawab dua jawaban dan benar keduanya baru mendapat nilai 100.

Syarat untuk dinyatakan kompeten bila mampu mendapat nilai 65 keatas, jadi bagi yang memberi hanya satu jawaban, meskipun jawaban itu benar baru mendapat nilai 50 belum bisa dinyatakan kompeten.

Demikian sekelumit informasi materi pelatihan komputer yang dilaksanakan oleh kursus komputer Lpk Intan Sruweng, semoga dapat memberikan inspirasi baru bagi para pembaca.

Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar